Taksonomi Bloom merujuk pada taksonomi yang dibuat untuk tujuan
pendidikan. Taksonomi ini pertama kali disoleh Benjamin S. Bloom pada tahun
1956. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain
(ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian
yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.
Kata Kerja Operasional (KKO) indikator
dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke
jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya). Kata kerja operasional pada
KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata
kerja operasinal indikator pembelajaran.
Tujuan pendidikan
dibagi ke dalam tiga domain, yaitu:
1. Cognitive Domain (Ranah Kognitif), yang berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek
intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.
2.
Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek
perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.
3. Psychomotor Domain (Ranah
Psikomotor) berisi
perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan
tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.
Berikut tabel pembagiannya :
ASPEK KOGNITIF
|
||
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
1
|
Knowledge (Pengetahuan)
|
Menyebutkan,
menuliskan, menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan,
mencocokkan, memberi nama, memberi label, dan melukiskan.
|
2
|
Comprehension (Pemahaman)
|
Menerjemahkan,
mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum,
membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan
menjelaskan.
|
3
|
Application (Penerapan)
|
Mengoperasikan,
menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan,
dan menghitung.
|
4
|
Analysis (Analisis)
|
Menguraikan,
membagi-bagi, memilih, dan membedakan.
|
5
|
Synthesis (Sintesis)
|
Merancang,
merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.
|
6
|
Evaluation (Evaluasi)
|
Mengkritisi,
menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi.
|
ASPEK AFEKTIF
|
||
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
1
|
Receiving (Penerimaan)
|
Mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.
|
2
|
Responding (Menanggapi)
|
Konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan,
melaporkan, dan menampilkan.
|
3
|
Valuing
(Penanaman nilai)
|
Menginisiasi, mengundang, melibatkan, mengusulkan, dan
melakukan.
|
4
|
Organization
(Pengorganisasian)
|
Memverifikasi, menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan
mempengaruhi.
|
5
|
Characterization
(Karakterisasi)
|
Menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup,
mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini
|
ASPEK
PSIKOMOTORIK
|
||
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
1
|
Observing
(Pengamatan)
|
Mengamati proses, memberi perhatian pada tahap-tahap
sebuah perbuatan, memberi perhatian pada sebuah artikulasi
|
2
|
Imitation
(Peniruan)
|
Melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun
kembali sebuah struktur, dan menggunakan sebuah model.
|
3
|
Practicing (Pembiasaan)
|
Membiasakan perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol
kebiasaan agar tetap konsisten.
|
4
|
Adapting (Penyesuaian)
|
Menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan
model.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar